Pendahuluan

PENDAHULUAN

Tujuan dari buku ini adalah untuk menguraikan secara garis besar tentang kepercayaan, praktek dan sejarah agama Islam, untuk menolong orang Kristen dan non-Muslim lainnya agar lebih memahami teman dan tetangganya yang Muslim.

Meskipun Islam dan Kristen sepertinya memiliki kesamaan dalam beberapa doktrin tertentu, ada perbedaan yang besar di antara keduanya; bukan hanya dalam hal kepercayaan tentang keselamatan dan Kristus saja, namun juga dalam bidang-bidang lain yang mempengaruhi kehidupan dan cara bersikap sehari-hari. Perbedaaan cara pandang ini mudah sekali menyulut kesalah-pahaman antara Muslim dan non-Muslim. Harapan saya, buku ini dapat membantu non-Muslim yang ingin memiliki hubungan baik dengan tetangga atau kolega Muslim mereka agar memahami asumsi dan keyakinan yang biasa dipegang oleh seorang Muslim. Diperlengkapi dengan pengetahuan ini, diharapkan non-Muslim dapat menghindari batu sandungan yang tidak perlu maupun kesulitan ketika berkomunikasi dengan teman-teman Muslim mereka.

Di dalam Islam terdapat banyak variasi, sebagaimana juga dalam Kristen. Sebuah buku singkat seperti ini pasti harus digeneralisasi dan disederhanakan. Jadi  pembaca jangan heran bila beberapa teman-teman mereka yang berlatarbelakang Muslim memiliki pendirian yang berbeda dalam hal-hal kecil tertentu.

Banyak hal telah ditulis dan dikatakan tentang Islam di jaman kita. Namun tidak semua hal itu benar. Pendekatan kita harusnya ditandai oleh keakuratan dalam segala hal. Kita tidak boleh salah dalam menggambarkan Islam atau menuduh kaum Muslim mengenai kepercayaan dan praktek yang bukan milik mereka. Lagipula, kita harus ingat bahwa Muslim juga manusia, manusia biasa seperti kita, yang juga memiliki perasaan sukacita, sedih, takut, dan cemas seperti yang kita alami. Kita harus dipenuhi belas kasih Kristus, didorong oleh kasihNya (2 Korintus 5 : 14). Namun kita juga harus setia sepenuhnya kepada Kristus dan ajaranNya. Kita tidak bisa merubah, membelokkan atau melemahkan ajaranNya dengan cara apapun.

Patrick Sookhdeo

November 2009

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s